P.T. Mortarindo Prima Perkasa, Jakarta, Indonesia

BANGUNAN PINTAR - Acian Anti Bocor



Rumah modern memiliki banyak dinding dan atap yang terpapar, balok dengan permukaan rata dan jendela dan pintu yang tidak terlindungi. Kebiasaan buruk dan pola pikir yang salah tentang tentang acian dengan semen saja bisa membuat dinding menjadi tahan air dan cat yang di encerkan dengan air dapat menghemat biaya. Faktanya semen saja untuk acian akan mudah retak dan cat tidak bisa menutup retakan tersebut. Akibatnya adalah air merembes melalui retakan dan menyebabkan masalah yang lebih parah di kemudian hari.

Dinding Samping seperti foto di bawah (kiri) pasti akan terjadi kebocoran. Air dengan mudah merembes dinding dan plaster, acian dan cat dinding akan jadi rusak. Air akan menyebabkan retakan makin parah setiap kali terjadi hujan dan kering dari panas terik matahari.




MP-40 Bonding Agen dan Tahan Air styrene akrilik polimer yang meningkatkan kekuatan rekatan, fleksibelitas dan kekuatan tahan air mortar. MP-40 Bonding Agen dan Tahan Air bisa ditambahkan ke dalam campuran semen dan pasir untuk plester yang tahan air. Untuk hasil terbaik gunakan aditif ke mortar instan seperti TR-30 Acian Putih.


MP-40 Bonding Agen dan Tahan Air bisa di campurkan 1:1 dengan air untuk mencampurkan TR-30 Acian Putih. Kadar air dari TR-30 adalah sekitar 1 bagian air dengan 3 bagian TR-30 Acia Putih.

Untuk 18m2 sampai 20m2 Acian gunakan:

  • 1 karung TR-30(40Kg)

  • 1 Kg dari MP-40 Bonding Agen dan Tahan Air

  • 12 Kg air

Dinding samping yang tak telindungi seperti foto di bawah (atas) menggunakan TR-30 Acian Putih + MP-40 Bonding Agen dan Tahan air. Cat dindingnya menggunakan 100% cat akrilik luar dan di campurkan dengan air bersih maksimum 10%.



Untuk area yang terpapar, seperti di bagian dinding atas, lebih baik apabila permukaan dibuat sedikit miring dari pada yang diluar untuk mencegah air berkepung di atas setelah hujan. Dosis MP-40 Bonding Agen dan Tahan Air yang dibutuhkan juga meningkat di area yang rentan menjadi 1 liter untuk per 10Kg TR-30 Acian Putih.


Retakan Kecil di atas dinding dapat menyebabkan air masuk ke dalam dinding dan plester dan acian menjadi retak karena air mengalir ke tempat yan lebih rendah.

Jangan gunakan Acian dengan semen saja. Acian dengan semen saja lebih kaku dan menyebabkan mudah retak dan memecahkan lapisan cat anti air pada dinding.


Dinding samping sangat penting di bangun untuk tahan dari air, karena air bisa mudah masuk apabila dinding tidak tahan air. Jangan tunggu rumah tetangga anda yang dibangun lebih tinggi untuk melindungi rumah anda dari paparan panas dan hujan. Karena semakin lama maka akan semakin banyak kebocoran dari dinding samping dan akan lebih susah untuk di perbaiki di kemudian hari. Maka dari itu lebih baik apabila anda tidak bergantung pada tetangga anda dan membangun dinding anti air anda sendiri.



Untuk hasil terbaik kami rekomendasikan menggunakan mortar instan atau dapat juga dengan menggunakan pasir + Semen + MP-20 Aditif Semen sebagai plester. Dengan menggunakan produk ini akan lebih terjamin bata melekat lebih baik dan mengurangi terjadinya retak penyusutan. Jangan gunakan pasir berkualitas buruk pada plester. Pastikan untuk menunggu plester setengah kering minimum 2 minggu sebelum mengaplikasikan lapisan acian.


Saving...Dinding sambungan dengan kolum beton dan balok atau material berbeda harus dipakaikan tali air dan pelapis untuk tahan air. Dengan cara pembangunan yang tepat dan hati - hati bangunan moderen dapat dibangun tahan dari bocor. Acian tahan air pilihan terbaik untuk membangun rumah modern. Maka dari itu selalu gunakan MP-40 Bonding Agen dan tahan Air dari Mortarplus dan gunakan 3 lapis cat luar berkualitas.



14 comments