Top 5 Tips Untuk Dinding Rumah Kualitas Terbaik


Bangunan yang berkualitas adalah hasil dari pekerjaan dengan urutan tahap pembangunan yang benar. Pekerjaan harus dilakukan dengan tahap yang benar berikutnya juga dapat dilanjutkan dengan baik. Berikut daftar yang dapat dijadikan sebagai panduan pada beberapa masalah dinding rumah yang umum terjadi:


1. Saluran listrik yang salah. Sebaiknya semua saluran listrik, kotak saklar dan pipa AC harus dipotong masuk ke dalam bata/ bata ringan dan diisi dengan bahan plester. Kalau pipa berada di luar bata akan ada resiko retak untuk plester/acian



2. Untuk Pemasangan Bata dan Plester, pilih pasir berkualitas baik:

  • Lumpur harus dibawah 3%, sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Dapat diperiksa dengan mudah yaitu dengan cara menggenggam pasir. Tangan akan menjadi merah yang mengindikasikan bahwa pasir tersebut menggandung Lumpur yang tinggi.

  • Kandungan organik 0. Lihat untuk bubuk hitam dan lunak.

  • Partikel gradasi dari kecil ke maximal 3mm. Indikator pasir tidak berkualitas baik adalah apabila partikel pasir sama besar.

Cara lainnya adalah dengan cara yang lebih ilmiah:

  • Aduk pasir dengan banyak air lali guncang dan diamkan. Lihatlah lumpur dan pasir akan terpisah. Lumpur akan naik ke atas dan membentuk 1 lapisan di atas pasir. Maksimum kandungan lumpur adalah 3% (SNI). Foto paling kiri di bawah ini adalah contoh pasir dengan lumpur yang tinggi yakni 15%.

  • Kandungan organik berwarna coklat hingga kehitaman. aduk dengan soda api untuk menge-cek kandungan lumpur. Kandungan Organik yang baik adalah apabila air berwarna benin bukan coklat atau kehitaman.

  • Partikel pasir berukuran kecil sampai besar berjumlah sama banyak mengindikasikan pasir tersebut berkualitas baik.

Pasir berkualitas tidak baik membua bangunan mudah retak dan kekuatannya menurun


3.Aduk homogen dengan pasir baik dan perbandingan yang benar. Hasil akan lebih baik dengan menggunakan adukan molen. Aduk Pemasangan bata Perbandingan 1 semen : 6 Pasir (untuk dekat tanah 1:4) Plester Perbandingan 1 Semen: 4 Pasir. Plaster seharusnya memiliki ketebalan maksimal 15mm untuk bata merah dan 10mm untuk Bata Ringan.


4. Selalu gunakan Mortar untuk acian atau aditif mortar untuk plester dan acian semen. Kami rekomendasikan Tr-30 and MP-20 Aditif Semen



5. Penyusutan Plester

Aplikasikan TR-30 Acian Putih ketika dinding plaster sudah kering setidaknya 2 minggu atau lebih. Sesudah 2 minggu 80% penyusutan plester selesai dan resiko retak menjadi lebih rendah.




Ikut top tips dari Doctor Mortar untuk kualitas rumah lebih baik.




2 comments

P.T. Mortarindo Prima Perkasa, Jakarta, Indonesia